Ada Apa di Yogyakarta?

Kota Yogyakarta adalah sebuah kota yang memiliki bermacam-macam predikat, mulai dari kota budaya, wisata dan kota pelajar. Banyaknya predikat yang diberikan pada kota Yogyakarta sesuai dengan potensi yang dimiliki. Adanya bermacam-macam potensi tersebut menyebabkan daya tarik bagi masyarakat dari luar kota untuk datang berkunjung ke Yogyakarta, sehingga pada saat-saat tertentu kota Yogyakarta akan ramai dikunjungi oleh pendatang dari luar untuk melihat potensi yang dimilikinya.
Sebagai kota wisata, Kota Yogyakarta kaya akan obyek-obyek wisata, baik wisata alam, buatan maupun peninggalan budaya masa lampau yang dijadikan konservasi, penelitian dan obyek wisata. Sebagai kota budaya, Yogyakarta memiliki situs kebudayaan yang berkaitan erat dan merupakan satu rangkaian perjalanan dengan obyek-obyek wisata. Jadi mempunyai kesamaan karakter kegiatan yang bertujuan rekreasi dan pendidikan. Sebagai kota pelajar, Yogyakarta dikenal dengan banyaknya sekolah-sekolah dan lembaga-lembaga pendidikan tinggi, baik swasta maupun negeri menjadikan citra Yogyakarta sebagai kota pelajar/pendidikan di Indonesia umumnya dan Jawa Tengah.







Pariwisata

Alun-Alun Kidul Yogyakarta

Alun-alun selatan kota Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal karena adanya fenomena mitos beringin kembar.

Pariwisata

Tugu Yogyakarta

Tugu Yogyakarta adalah sebuah tugu atau monumen yang sering dipakai sebagai simbol atau lambang dari Kota Yogyakarta.

Kebudayaan

Keraton Yogyakarta

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat atau Keraton Yogyakarta merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat.

Kebudayaan

Batik

Batik motif dari Jawa ini adalah batik motif dasar yang paling tua. Batik parang ini memiliki makna petuah untuk tidak pernah menyerah, ibarat ombak laut yang tak pernah berhenti bergerak.

UMKM

Kerajinan Perak Kotagede

Kotagede merupakan Kecamatan yang ada di Kota Yogyakarta yang terkenal akan hasil kerajinan peraknya.

UMKM

Kerajinan Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo menjadi destinasi untuk berburu oleh-oleh khas Yogyakarta, seperti baju batik, tas unik hingga kebaya.

Pendidikan

Sekolah Tertua

SMK Negeri 2 Yogyakarta ternyata sudah berusia 100 tahun. Sekolah yang semula bernama Prinses Juliana School (PJS) ini juga merupakan SMK tertua di Indonesia.

Pendidikan

Taman Siswa

Taman Siswa adalah nama sekolah yang didirikan oleh Ki Hadjar Dewantara pada tanggal 3 Juli tahun 1922 di Yogyakarta (Taman berarti tempat bermain atau tempat belajar, dan Siswa berarti murid).

Kuliner

Pecel "Senggol" Beringharjo

Nasi Pecel Pasar Beringharjo merupakan salah satu jenis makanan yang dijajakan pedagang atau bakul di depan gerbang masuk utama Pasar Beringharjo Yogyakarta.

Kuliner

Gudeg

Gudeg merupakan makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan.

×
Username:
Password:
Nama:
Email:
NIK: